Belajar di Rumah, Orang Tua Diharapkan Tingkatkan Pengawasan Pada Anak

Belajar di Rumah, Orang Tua Diharapkan Tingkatkan Pengawasan Pada Anak

Diunggah hari Selasa tanggal 28-07-2020 11:41:05 WITA

Banjarmasin – Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 3 Kota Banjarmasin memperpanjang program belajar di rumah karena pandemi Covid 19 yang belum juga usai, karenanya orang tua siswa diharapkan meningkatkan pengawasan pada anak.

Kepala MTsN 3 Kota Banjarmasin Abdul Hadi, M.P.Kim mengatakanselama pembelajaran daring siswa belajar di rumah masing-masing, merupakan sebuah upaya untuk menekan Corona Virus Diseas atau Covid-19 yang saat ini mewabah.

“Upaya ini tidak akan berhasil tanpa dukungan dan fungsi kontrol orangtua di rumah masing-masing. Orang tua perlu meningkatkan pengawasan kepada anak-anaknya agar proses belajar-mengajar ini dapat berjalan dengan efektif,” katanya, Sabtu (25/07/20).

Abdul Hadi mengatakan dengan peningkatan peran orang tua di rumah anak tersebut belajar jadi terkotrol, orang tua dapat memantau perkembangan kemampuan akademik anak, serta orang tua dapat memantau perkembangan kepribadian yang mencakup sikap, moral dan tingkah laku anak-anak.

“Hal ini dapat dilakukan orang tua dengan berkomunikasi dengan wali kelas untuk mengetahui perkembangan akademik maupun non akademik anaknya. Orang tua dan sekolah merupakan dua unsur yang saling berkaitan dan memiliki keterkaitan yang kuat satu sama lain,” katanya.

Lebih lanjut, Abdul Hadi menuturkan saat pemindahan kegiatan belajar-mengajar di rumah ini berlangsung, siswa belajar menggunakan kurikulum darurat seperti biasa sesuai mata pelajaran di madrasah namun jam belajarnya yang sedikit berbeda seperti biasanya.

“Selama pembelajaran daring menggunakan kurikulum darurat ini dalam satu hari ada 3 jam pelajaran dari jam 08.00 – 12.00 Wita yang sebelum dimulai kegiatan belajar mengajar dimulai dengan kegiatan sholat dhuha dan tadarus Al-Qur’an,” tuturnya.

Abdul Hadi menambahkan, guru dan siswa berinteraksi dalam satu grup kelas di Whatsapp dan E Learning madrasah. “Di grup itu, pada jam pelajarannya, guru akan membagikan materi dan tugas pelajaran yang harus dipelajari siswa di rumah,” terangnya.

Penulis : yanti
Foto : yanti
Editor / Redaktur : yanti

Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.