Ka. Kanwil : Madrasah Perlu Memiliki Ciri Khas Atau Program Unggulan

Ka. Kanwil : Madrasah Perlu Memiliki Ciri Khas Atau Program Unggulan

Diunggah hari Kamis tanggal 19-11-2020 08:48:17 WITA

Banjarmasin  – “Madrasah perlu memiliki ciri khas atau program unggulan,” kata Kepala Kantor Wilayah (Ka.Kanwil) Kementerian Agama Provinsi Kalimantan Selatan Drs. H. Noor Fahmi, M.M, Rabu (18/11/20).

Ka Kanwil mengapresiasi keberadaan program unggulan di Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 3 Kota Banjarmasin seperti fikih aplikatif, penguasaan bahasa arab dan bahasa inggris dan tahfiz tahsin.

“Penting bagi madrasah memiliki program unggulan yang bisa dijual ke masyarakat. Jadi ada ciri khas khusus yang membedakan dengan madrasah lain agar animo masyarakat sekitar kepada madrasah meningkat,” katanya saat pemotongan tumpeng Milad MTsN 3 Kota Banjarmasin ke 25.

Program unggulan yang dikedepankan kata Ka.Kanwil bisa terkait pendidikan karakter atau hafalan Al Qur’an murid.

Sementara Kepala MTsN 3 Kota Banjarmasin H. Misran, S.Ag mengatakan peran pendidik dalam hal ini guru sangat besar. Menurutnya, kualitas guru berperan besar dalam meningkatkan proses pembelajaran dan pendidikan karakter pada madrasah.

“Kualitas guru madrasah perlu ditingkatkan, guru dimotivasi agar pembelajaran dapat meningkat kualitasnya,” katanya.

Dalam mengajar, kata Misran harus dilandasi niat untuk beribadah, tulus ikhlas. Apalagi bekerja pada lembaga Kementerian Agama yang dominan pada nilai-nilai keagamaan. “Saya yakin, walaupun kuantitas murid pas-pasan dan madrasah belum besar, dengan tetap menjaga dan meningkatkan kualitas maka masyarakat akan datang dengan sendirinya,” ujarnya.

Selanjutnya, Misran mengungkapkan madrasah harus memiliki program unggulan yang berbeda dengan lembaga pendidikan lain yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat dan kearifan lokal. Program kekhasan dan ke unggulan madrasah katanya dapat dikembangkan melalui pengembangan kurikulum.

“Alhamdulillah di MTsN 3 Kota Banjarmasin telah menjadikan beberapa program seperti hapalan juz 30, fikih aplikatif, tahfiz tahsin dan penguasaan bahasa inggris dan bahasa arab sebagai ciri khas keunggulannya,” ungkapnya.

 

Penulis : yanti
Foto : yanti
Editor / Redaktur : yanti

Share