Kamad: Peringatan Sumpah Pemuda Sebagai Momentum Mewujudkan Persatuan

Kamad: Peringatan Sumpah Pemuda Sebagai Momentum Mewujudkan Persatuan

Diunggah hari Rabu tanggal 04-11-2020 10:44:03 WITA

Banjarmasin – “Peringatan hari sumpah pemuda, sebagai momentum dalam mewujudkan persatuan,” kata Kepala Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 3 Kota Banjarmasin H. Misran, Selasa (03/11/20).

Misran mengatakan peringatan Sumpah Pemuda kali ini adalah ‘Bersatu Kita Maju’, menegaskan kembali komitmen yang telah dibangun oleh para pemuda yang diikrarkan pada tahun 1928 yang telah dideklarasikan dalam Sumpah Pemuda.

“Dalam sumpah pemuda dikatakan bahwa hanya dengan persatuan kita dapat mewujudkan cita-cita bangsa,” katanya.

Selanjutnya Misran mengatakan bahwa pesatnya perkembangan teknologi informasi mempunyai dampak positif untuk meningkatkan kapasitas pengetahuan dalam pengembangan sumber daya serta daya saing, tetapi juga ada dampak negatif yaitu informasi-informasi yang bersifat negatif seperti pornografi, narkoba, pergaulan bebas hingga terorisme dapat masuk dengan mudahnya.

“Pemuda harus mempunyai karakter yang tangguh, karakter moral dan karakter kinerja, pemuda yang beriman dan bertaqwa, disiplin, kerja keras, cerdas ikhlas dan tuntas,” tuturnya.

Dikatakannya, banyaknya masalah yang dihadapi negara Indonesia ini mengharuskan pemuda untuk lebih memupuk semangat mencintai bangsa indonesia menanamkan jiwa persatuan dan kesatuan serta menjaga bahasa Indonesia sebagai bahasa pemersatu.

Lebih lanjut dikatakannya, melihat keberadaan sekarang ini, mengartikan sumpah pemuda tidak hanya cukup menghapal teksnya saja, akan tetapi harus benar-benar diaplikasikan dalam kehidupan.

Lebih lagi pada masa pandemi Covid-19 saat ini persatuan sangat dibutuhkan agar kita dapat melawan Covid-19 bersama-sama sehingga kita akan bebas dengan Covid-19 ini. Tugas sebagai pelajar adalah berusaha memajukan bangsa tercinta dengan giat belajar, berprestasi serta melakukan hal-hal positif walaupun pembelajaran secara jarak jauh.

Penulis : Yanti
Foto : Yanti
Editor / Redaktur : badariah

Share