Kamad: Program Tahfiz dan Bahasa Tetap Jalan Walaupun PJJ

Kamad: Program Tahfiz dan Bahasa Tetap Jalan Walaupun PJJ

Diunggah hari Senin tanggal 21-09-2020 09:04:30 WITA

Banjarmasin  – “Program tahfiz dan Bahasa Asing (Inggris-Arab) tetap jalan walaupun melalui pembelajaran jarak jauh (PJJ),” tegas Kepada Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 3 Kota Banjarmasin H. Misran, S.Ag, Sabtu (19/09/20).

Kepala MTsN 3 Kota Banjarmasin H. Misran, S.Ag mengatakan kegiatan tahfiz dan tahsin berjalan dengan lancar serta disambut antusias anak-anak walaupun dilaksanakan secara daring.

“Alhamdulillah program tahfiz dan tahsin berjalan dengan lancar dan antusias anak-anak untuk menyetor hafalannya juga cukup tinggi dengan berbagai aplikasi seperti video call maupun mengirim video dengan pembimbing masing-masing,” katanya.

Misran mengungkapkan dalam program tahfiz tersebut siswa tidak hanya dituntut untuk hapal tetapi bacaannya juga harus sesuai dengan tajwid.

“Apabila bacaannya tidak sesuai dengan tajwid maka pembimbing boleh untuk menyuruh siswa untuk mengulanginya,” ungkapnya.

Setiap jenjang kelas berbeda jenis hapalannya. Kelas VII program tahfz dan tahsinnya surah yasin dan Al-Mulk, untuk kelas VIII Surah Al-Waqiah dan surah Ar Rahman, dan kelas IX Surah As-Sajadah,

Lebih lanjut, Misran menambahkan selain program tahfiz secara daring, program Bahasa asing seperti Bahasa arab dan Bahasa inggris yang dibimbing wali kelas dan pembimbing juga tetap dilaksanakan.

“Dengan program bahasa asing dapat membantu meningkatkan gambar diri yang positif dan menjadikan anak lebih percaya diri dalam berinteraksi dengan orang lain. Di era globalisasi saat ini hal ini sangat menguntungkan bagi anak dalam meraih pendidikan maupun pekerjaannya di masa depannya kelak,” tambahnya.

Wakamad Humas MTsN 3 Kota Banjarmasin Agung Nugroho, M.Pd.I mengatakan kegiatan tahfiz dan Bahasa MTsN 3 Kota Banjarmasin termasuk dalam program unggulan madrasah.

“Kegiatan tahfiz dan bahasa ini diprogramkan bagi siswa kelas VII, VIII dan IX MTsN 3 Kota Banjarmasin yang nantinya akan dilaksanakan secara daring dengan menggunakan berbagai aplikasi seperti WA, zoom, dan lain-lain serta dibimbing oleh wali kelas dan pembimbing masing-masing,” ungkapnya.

 

 

Penulis : yanti
Foto : yanti
Editor / Redaktur : yanti

Share