Kamad: Supervisi Untuk Meningkatkan PBM

Kamad: Supervisi Untuk Meningkatkan PBM

Diunggah hari Senin tanggal 07-10-2019 13:01:58 WITA

Banjarmasin (MTsN 3 Kota Banjarmasin) – ”Supervisi untuk meningkatkan proses belajar mengajar (PBM),” kata Kepala Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 3 Kota Banjarmasin Abdul Hadi, Kamis (03/10/19).

Abdul Hadi melakukan supervisi di kelas IX A dengan mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) yang dipegang Rosmaliyana pada jam pelajaran ke 5-6. Ia mengatakan bahwa supervisi dilakukan untuk meningkatkan kualitas belajar mengajar di dalam kelas sebagai salah satu bentuk upaya dewan guru untuk meningkatkan mutu pendidikan di MTsN 3 kota Banjarmasin.

“Sebelum dilakukan supervisi saya minta kepada dewan guru untuk mempersiapkan perangkat pembelajaran dalam satu kali pertemuan yang digunakan dalam jadwal supervisi,” tuturnya.

Menurut Abdul Hadi setiap guru wajib memiliki perangkat pembelajaran yang terus diperbarui setiap tahun pembelajaran yang baru agar dapat meningkatkan pengetahuan dan kompetensi siswa.

“Semakin berkualitas kemampuan seorang guru, maka semakin berkualitas pula kemampuan siswanya. Pengembangan kompetensi, karakter, kreatifitas dan inovasi merupakan hal yang dapat meningkatkan kualitas pendidik sebagai upaya meningkatkan mutu pendidikan,” ujarnya.

Abdul Hadi menambahkan dengan adanya supervisi diharapkan adanya perubahan dalam rangka meningkatkan kualitas pembelajaran dan prestasi para siswa meningkat, sehingga pembelajaran dapat berjalan secara efektif dan efisien.

Rosmaliyana selaku guru yang sedang di supervisi mengatakan supervisi yang dilakukan Kamad untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dan menjadi referensi baginya untuk meningkatkan kualitas pembelajaran mulai dari pembuatan perangkat, proses belajar mengajar serta evaluasinya.

Penulis : Yanti
Foto : Yanti
Editor / Redaktur : badariah

Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.