MTsN 3 Kota Banjarmasin Wakili Kalsel Menjadi Madrasah Penyelenggara Riset

MTsN 3 Kota Banjarmasin Wakili Kalsel Menjadi Madrasah Penyelenggara Riset

Diunggah hari Rabu tanggal 16-12-2020 11:47:21 WITA

Banjarmasin – Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 3 Kota Banjarmasin terpilih untuk mewakili Kalimantan Selatan menjadi madrasah penyelenngara riset untuk kategori Madrasah Tsanawiyah, Selasa (15/12/20).

Kepala MTsN 3 Kota Banjarmasin H. Misran, S.Ag mengatakan riset atau penelitian saat ini bukan lagi otoritasnya perguruan tinggi semata. Saat ini banyak kemampuan riset juga muncul dari siswa-siswa lembaga pendidikan baik dasar maupun menengah, termasuk didalamnya siswa madrasah.

“Program madrasah riset ini ditargetkan menjadi ujung tombak pengasah kemampuan riset siswa madrasah,” katanya.

Misran mengungkapkan kemampuan riset tersebut tentunya bukan keahlian riset yang rumit, kompleks dan lengkap layaknya riset dari perguruan tinggi. Kemampuan riset di madrasah ini lebih bersifat implementatif dan sesuatu yang terjadi sehari di lingkungannya siswa.

“Contohnya bagaimana siswa madrasah bisa meneliti tentang minuman dan makanan sehat. Teknik mengawetkan bahan makanan secara sehat. Termasuk penelitian mengenai lingkungan hidup sekitar, air, tanaman dan lainnya,” ungkapnya.

Misran berharap siswa MTsN 3 Kota Banjarmasin tidak hanya kuat dalam hal teoritis saja, tapi juga teori tersebut bisa dilakukan penelitian secara empiris.

“Jadi dengan riset atau penelitian ini ke depan akan ada pembelajaran tuntas tidak hanya diajarkan di kelas, namun juga melakukan uji kebenaran dengan penelitian di lapangan,” harapnya.

Penulis : yanti
Foto : yanti
Editor / Redaktur : yanti

Share