Tingkatkan Kualitas Ibadah Siswa, MTsN 3 Kota Banjarmasin Kuatkan Fikih Aplikatif

Tingkatkan Kualitas Ibadah Siswa, MTsN 3 Kota Banjarmasin Kuatkan Fikih Aplikatif

Diunggah hari Kamis tanggal 28-01-2021 11:55:48 WITA

Banjarmasin – Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 3 Kota Banjarmasin meningkatkan kualitas ibadah siswa dengan cara menguatkan fikih aplikatif, Rabu (27/01/21).

Seiring perkembangan zaman yang beragam jenis dan wujudnya bahkan di dalamnya bercampur dengan segala hal yang baik dan buruk, kualitas ibadah tentu menjadi sesuatu yang wajib agar dapat menjadi tameng dalam menyikapi hal-hal baru tersebut.

Program fikih aplikatif menjadi salah satu bekal yang diberikan MTsN 3 Kota Banjarmasin kepada siswanya agar mereka mampu menjadi generasi yang benar-benar berkualitas.

Program tersebut dimulai dengan penekanan kedisiplinan dalam ibadah wajid. Seperti tata cara wudhu, tayamum, shalat fardhu, mandi janabat, dan lainnya sesuai syariat Islam yang benar.

Meskipun pembelajaran masih dilaksanakan secara daring, fikih aplikatif tetap ditekankan dan dimonitoring dengan baik melalui bantuan media sosial seperti video call, atau dengan cara siswa memvidio praktik ibadahnya, kemudian dikirim dengan wali kelas dan guru pendampingnya.

Salah satu guru pendamping wali kelas di MTsN 3 Kota Banjarmasin Dra. Hj. Zuraida mengungkapkan fikih aplikatif, ibarat rumah adalah pondasi yang akan mengokohkan siswa dalam kehidupannya kelak.

Kelapa MTsN 3 Kota Banjarmasin H. Misran, S. Ag menambahkan progran tersebut mengingat pentingnya ibadah dalam hidup, maka sekolah pun menjadikan ini sebagai indikator kelayakan siswa untuk naik kelas.

Selalu laksanakanlah ibadah dimanapun dan kapanpun, selalu belajar untuk memperbaikinya dan diamalkan dalam kehidupan sehari-hari,” tutunya.

Penulis : Wuri
Foto : Wuri
Editor / Redaktur : yanti

Share