SEKILAS INFO
26-09-2021
  • 2 bulan yang lalu / PENGUMUMAN PEMBAGIAN KELAS SUDAH DI SHARE, SILAKAN KALIAN CEK. SELAMAT BERGABUNG DI MTsN 3 Kota Banjarmasin
12
Okt 2020
0
MTsN 3 Kota Banjarmasin Laksanakan Talk Show Trik Jitu Menulis Puisi dan Cerpen

Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 3 Kota Banjarmasin melaksanakan melaksanakan talk show tentang Trik jitu dalam menulis puisi dan cerpen secara daring atau online, Sabtu (10/10/20).

Pemandu acara Siti Haryawati mengungkapkan dalam acara talk show kali tersebut menghadirkan dua narasumber yaitu Silpini Mariani, M.Pd (Penulis cerpen Omera Pustaka Guru MTsN 3 Kota Banjarmasin) dan Sri Normuliati, M.Pd (Dosen Universitas Muhammadiyah Banjarmasin).

“Acara ini disiarkan secara live streaming di akun youtube MTsN 3 Kota Banjarmasin yang dimulai pukul 10.30 Wita sampai dengan jam 11.30 Wita di Studio MTsN 3 Kota Banjarmasin,” ungkapnya.

Lanjut Harya, puisi adalah bentuk karya sastra yang terikat oleh irama, rima dan penyusunan bait dan baris yang bahasanya terlihat indah dan penuh makna.

“Puisi adalah karya sastra seseorang dalam menyampaikan pesan melalui diksi dan pola tertulis. Penyair adalah orang yang membuat atau menciptakan puisi,” katanya.

Lebih lanjut, Harya menambahkan membuat puisi itu gampang-gampang susah, penulis harus memiliki kosakata yang banyak untuk menjadikan sebuah puisi itu terlihat indah, dan butuh imajinasi yang tinggi agar puisi tersebut menjadi nyata dan hidup.

“Sama halnya dalam membuat cerpen, dalam cerpen juga kita harus mengeluarkan seluruh tenaga dan pikiran kita agar terfokus kepada kata-kata yang tepat untuk diisi di dalam karangan tersebut,” tambahnya.

Kepala MTsN 3 Kota Banjarmasin H. Misran, S.Pd mengatakan kegiatan tersebut bertujuan untuk mengembangkan daya kreatif siswa dalam berpuisi dan untuk melihat potensi siswa dalam kreativitas berpuisi.

“Dengan adanya kegiatan ini semoga dapat meningkatkan kecerdasan pada anak, meningkatkan rasa percaya diri pada anak sehingga dapat menciptakan kegiatan yang positif di masa pandemic covid 19 saat ini,” katanya.

Penulis : yanti
Foto : yanti